Opini

Tiga Pilar Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19

Oleh: Admin Kesehatan | Senin, 05 Oktober 2020 - 00:26:18 WIB | dibaca: 364 pembaca

    Tiga Pilar Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19

    Suaratanggamus.com, Makassar | Informasi Covid-19 adalah momok yang begitu gencar di bicarakan baik melalui media TV, media cetak  maupun media online. Bahkan di kalangan dunia kesehatan pun menjadi isu yang trending diperbincangkan di dunia maya maupun dunia nyata. 

    Berikut artikel yang diterima suaratanggamus.com, disampaikan oleh Dr. Ampera Matippanna, S.Ked., M.H., yang menjabat sebagai dokter fungsional madya pada Badan Pengembangan SDM Sulawesi Selatan, kini beliau sedang gencar mengedukasi masyarakat terkait isu Covid-19, berikut ulasannya :

    Covid-19 masih terus menjadi sebuah permasalahan dihampir semua negara di dunia. Permasalahan yang ditimbulkan adalah ancaman serius terhadap keselamatan manusia, mulai dari sektor kesehatan, ekonomi, sosial budaya, politik, pertahanan dan keamanan. Sektor-sektor tersebut merupakan sebuah mata rantai yang saling berhubungan sebagai imbas dari pandemi Covid-19 ini. 

    Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh setiap negara dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, sepertinya belum memperlihat tanda-tanda akan usainya pandemi hingga akhir tahun ini.

    Upaya penemuan obat anti virus masih terus dilakukan, study vaksin masih terus berjalan, dukungan kebijakan dan anggaran yang sangat besar telah dikucurkan, namun Covid-19 masih tetap membandel dan tak bergeming. Kasus-kasus baru tetap bermunculan dan kematian akibat Covid-19 masih terus berjalan. 

    Jika kita mempelajari karakteristik penularan dan dampak terhadap permasalahan kesehatan yang ditimbulkan, dikaitkan dengan teori Hendrik L. Blum terhadap derajat kesehatan masyarakat, maka setidaknya ada tiga pilar upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang dapat dilakukan yaitu : 

    1. Pilar Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan

    Pilar pertama ini menyangkut semua aspek pelayanan kesehatan mulai dari aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang harus dilaksanakan secara simultan, terintegrasi, terkoordinir dan sinergis untuk menghadirkan pelayanan, pencegahan, penanggulangan dan pemutusan rantai penularan Covid-19.

    Dalam upaya pelayanan kesehatan yang bermutu, setidaknya harus memberdayakan semua sumber daya kesehatan yang terdiri dari SDM, sarana - prasarana dan perbekalan kesehatan. Pelaksanaannya dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dilakukan dengan memenuhi standar-standar mutu berdasarkan kompetensi keahlian, etika moral dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

    2. Pilar Lingkungan 

    Pilar kedua ini memegang peranan yang tidak kalah penting dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, yaitu menyangkut lingkungan sosial, budaya, ekonomi dan politik.

    Dengan lingkungan sosial, budaya, ekonomi dan politik yang kondusif yang bersesuaian dengan upaya pelayanan kesehatan mulai dari kegiatan promotif-preventif, kuratif dan rehabilitatif akan semakin memberi dukungan yang berarti terhadap upaya pencegahan, penanggulangan dan pemutusan rantai penularan Covid-19.

    Sebaliknya kondisi carut-marutnya lingkungan sosial, budaya, ekonomi dan politik akan menjadi faktor penghambat yang dapat menyebabkan pandemi ini terus berlangsung. Tentunya dibutuhkan tanggung jawab besar bagi pemerintah, politisi, akademisi, tokoh agama, pemuda dan elemen masyarakat lainnya untuk menghadirkan lingkungan yang mendukung upaya pencegahan, penanggulangan dan pemutusan rantai penularan Covid-19 ini.

    Jika semua pihak memainkan perannya dengan semangat nasionalisme yang tinggi, diharapkan akan memberikan kontribusi positif dalam penanganan Covid-19. Ironinya dalam situasi seperti ini, tidak sedikit informasi menyesatkan yang berkembang di tengah masyarakat, sebagai faktor penghambat dalam pencegahan  covid-19.

    3. Pilar Life Style

    Pilar ketiga ini merupakan faktor kunci keberhasilan dalam pencegahan, penanggulangan dan pemutusan rantai penularan Covid-19. Penerapan pola kebiasaan baru dalam berperilaku, sesuai dengan protokol kesehatan akan menjadi faktor kunci keberhasilan.

    Dengan menghindari kontak fisik dan menjaga jarak, memakai masker dan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer, akan mampu menekan laju perkembangan Covid-19. Selama kesadaran masyarakat tidak mendukung perilaku kesehatan yang baik, maka apapun yang diupayakan oleh Pemerintah tidak akan maksimal. 

    Tentunya ketiga pilar ini tidak bisa berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian integral antara satu dengan yang lainnya. (NR/SU/Red)

    Admin
    Penulis: Admin

    Penulis adalah aktif di dunia tulis menulis, juga seringkali menulis kolom dan tulisan-tulisannya dimuat di beberapa harian nasional.

    0 Komentar

    Tulis Komentar

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    Komentar Facebook