PWMOI Didirikan, Wadahi Wartawan Media Online

Oleh: Admin Nasional | Kamis, 29 Oktober 2020 - 19:29:44 WIB | dibaca: 169 pembaca

    PWMOI Didirikan, Wadahi Wartawan Media Online

    Suaratanggamus.com, Jakarta | Wartawan Senior HM.Jusuf Rizal membentuk Persatuan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI) guna mewadahi para jurnalis/wartawan media online seluruh Indonesia. Pembentukan ini didasari aspirasi awak media yang membutuhkan wadah guna membina, melindungi dan mensejahterakan para wartawan.

    Kepada awak media di Jakarta sore hari ini (29/10), Jusuf Rizal yang juga menjadi Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) itu menyampaikan meski telah banyak organisasi media online, namun dia meyakini bahwa organisasi PWMOI memiliki berbagai program yang akan menjadi pilihan wartawan untuk bergabung.

    “Saat ini dengan perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0, perkembangan media online cukup pesat. Pekerja media termasuk wartawan online tumbuh seperti jamur di musim hujan. Tentu mereka membutuhkan wadah untuk komunikasi dan juga pembinaan bagi kemajuan mereka kedepan,” tegas Jusuf Rizal

    Lebih lanjut Ketua Umum PWMOI (Persatuan Wartawan Media Online Indonesia) itu menyebutkan saat ini peluang kerja menjadi wartawan online sangat terbuka. Namun belum diikuti dengan kualitas wartawan yang memiliki kompetensi yang cukup, agar dalam menjalankan profesi sebagai wartawan bisa profesional.

    Untuk itu, tutur Jusuf Rizal, dalam melakukan program pembinaan kepada anggota, PWMOI selain akan mengadakan UKW (Uji Kompetensi Wartawan), juga akan membuat program perlindungan BPJS, perlindungan hukum dan advokasi, maupun peningkatan kompetensi lainnya guna memajukan dan mensejahterakan para wartawan.

    Dikatakan dalam waktu dekat organisasi PWMOI akan segera di luncurkan, setelah melakukan konsolidasi dan koordinasi keberbagai Propinsi dan Kabupaten Kota seluruh Indonesia. Untuk membangun jaringan PWMOI kedaerah, Jusuf Rizal juga memanfaatkan jaringan LSM LIRA yang telah memiliki cabang di 34 Propinsi dan 470 Kabupaten Kota.

    “Kami membuka peluang bagi para wartawan/jurnalis untuk bergabung membesarkan PWMOI. Wartawan dari media manapun dapat bergabung di PWMOI tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan maupun media. Mereka yang tergabung diorganisasi media manapun bisa menjadi anggota,” tegas pria berdarah Madura-Batak itu optimis.

    Berdasarkan catatan redaksi HM. Jusuf Rizal bukan asing di dunia wartawan. Pria yang satu angkatan dengan Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch. Bangun itu pernah menjadi wartawan di Jawa Pos, Kedaulatan Rakyat, Harian Jayakarta, maupun freelance di Harian Terbit, Sinar Pagi, Majalah Keluarga, Tabloid Nova, Koran Kabinet, dll. 

    Ia kemudian sejak 10 tahun lalu mendirikan media online www.liranews.com dan www.majalahperwira.com. Kini bersama Siruaya Utamawan, tokoh pekerja dan buruh pemilik media online www.suaratanggamus.com dan www.suaramediautama.com itu mendirikan PWMOI dan duduk sebagai Sekretaris Umum PWMOI. (SU/Red)

    Admin
    Penulis: Admin

    Penulis adalah aktif di dunia tulis menulis, juga seringkali menulis kolom dan tulisan-tulisannya dimuat di beberapa harian nasional.

    1 Komentar

    1. Sulyandi
      Sulyandi 30 Oktober 2020 - 06:07:56 WIB

      Bagus, sebagai wadah untuk kalangan millenial juga dalam mengembangkan wawasan dalam dunia wartawan dan sebagai alat untuk mengukur tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan informasi publik dalam bentuk informasi secara online

    Tulis Komentar

    Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

    Komentar Facebook